SEJARAH MAHASPALA STAIN KEDIRI

Assalamu ‘Alaikum Wr. Wb
Salam Lestari !!!

           MAHASPAlA Adventure adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berada di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri yang di dirikan pada tanggal 20 Januari 2007 tepatnya tanggal 1 Muharam 1940 H di Telaga Ngebel Ponorogo, yang berorientasi pada Pendidikan dan Pelatihan, Pengabdian pada Masyarakat, Petualangan, Penelitian, Sport terutama Olah Raga Alam Bebas dan Rekreatif. Tujuan dari Organisasi ini adalah Bagaimana semua anggota MAHASPALA Adventure mampu mengembangkan daya Cipta, Rasa, Karsa dan Karya dalam mensyukuri semua ciptaan Allah SWT, mampu melaksanakan dan mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta membina sikap yang berkepribadian Solidaritas, Loyalitas, dan rasa Persaudaraan sesama Anggota, maupun Pecinta Alam Lain serta semua Lapisan Masyarakat yang sesuai dengan Kode Etik Pecinta Alam Indonesia.
MAHASPALA merupakan wadah Mahasiswa Pecinta Alam yang memiliki program BTN (Back To Nature) yang mana program ini mengajak kita untuk kembali lagi ke Alam yakni bagaimana kita Memberdayakan Sumber Daya Alam (SDA) dengan mengolah SDA sesuai kebutuhah hidup masyarakat serta Melestarikan dan Mencintainya. NSP (Natural of Sociaty Program), yakni Program yang mewadahi bagaimana seorang Pecinta Alam dituntut Pengabdiannya kepada Masyarakat dengan mengadakan Kegiatan-kegiatan Sosial serta tak lupa mengajak semua lapisan masyarakat untuk melestarikan alam. Serta Program Religy untuk mendekatkan lagi ke Alam seperti Tafakur dan Tadabur Alam.

          Sebelum MAHASPALA Adventure berdiri, di STAIN Kediri telah ada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Gerakan Mahasiswa Pecinta Alam (GEMAPALA) yang didirikan tanggal 08 April 1999. Seiring berjalannya waktu nama GEMAPALA tetap terdengar di STAIN Kediri akan tetapi kebingungan melanda para Mahasiswa Baru (MaBa2) yang ingin mengikuti UKM Mapala terutama angkatan 2005 dan 2006 karena tidak pernah terlihatnya Anggota dan Kegiatan-kegiatan GEMAPALA di STAIN Kediri. Berawal dari itu dan dengan tekad yang tulus untuk menghidupkan kembali UKM Mapala di STAIN Kediri, lahirlah UKM (Mahasiswa STAIN Pecinta Alam) MAHASPLA Adventure tepatnya 20 Jauari 2007 di Telaga Ngebel Ponorogo dengan Anggota 7 orang di ketuai oleh Azzis Dwi Jayansyah (PAI/VII) dengan Nomor Induk Anggota (NIA) : 0701.1587.01 TA I yakni Ketua Umum (KetUm) pertama Periode 2007/2008 MAHASPALA. Dengan usia yang belum genap 2 tahun, Alhamdulillah prestasi MAHASPALA sudah di kenal di Lingkungan STAIN Kediri bahkan di Pemerintahan Kota Kediri serta Lembaga-lembaga Pendidikan atau Sekolah-sekolah yang ada di Kediri yaitu dengan di berikannya kepercayaan kepada anggota MAHASPALA untuk membina Siswa Pecinta Alam (SISPALA) yang ada di sekitar Kediri. Dan MAHASPALA saat ini menjadi Koordinator Pusat Informasi Wilayah (PIW) untuk Zona Barat (Jombang, Nganjuk, Madiun, Ponorogo, Tulung Agung, Blitar, dan Kediri ) yakni dari hasil pertemuan Mapala s-Jatim dalam Forum Sosialisasi Pusat Informasi Daerah (PID) Jatim di Mapala Tursina (UIN Malang). 

          Seiring berjalanya waktu maka pada MUSANG ke-1 nama MAHASPALA ADVENTURE yang awalnya adalah ( MAHASISWA STAIN PECINTA ALAM ADVENTURE ) di rekomendasikan dengan dirubahnya nama MAHASPALA ADVENTURE menjadi MAHASPALA STAIN KEDIRI ( MAHASISWA PECINTA ALAM STAIN KEDIRI ) yang telah disepakati dalam forum MUSANG ke-1, dengan alasan untuk menghindari perubahan nama STAIN KEDIRI, karena lembaga yang membawahi organisasi MAPALA di STAIN, kedepannya akan berkembang menjadi UIN.

0 komentar:

Posting Komentar